Honda BeAT, Ingin Punya Zoomer Trike

Posted by ragiel pendowo on Sunday, August 12, 2012


Desain asli Honda BeAT terbilang ramping. Apalagi memang dibuat untuk kaum hawa dan dirancang guna melibas jalanan yang sering mengalami kemacetan. Namun hal itu terlihat berbeda dengan tampilan skubek jebolan 2009 milik Sopian ini. Bentuk dari BeAT nyaris tak nampak lagi.

Bukan tanpa alasan, Sopian memilih modifikasi rada frontal terhadap skubeknya ini. Pasalnya tema yang diusung mengacu pada tampilan dari Honda Zoomer. Bentuknya unik, karena hanya mengandalkan bodi bagian depan serta rangka saja. Jadi, terlihat lebih macho, buka pria asal Bandung yang beristrikan wong Cerbon ini.

Demi mewujudkan ambisinya itu, Sopian lantas sambangi Yudi Satria, punggawa Ape Motorcycle (AM). Sopian ingin tampilan Zoomer. Tapi, dikembangkan lagi jadi konsep trike alias roda tiga, papar Yuza, sapaan tenar modifikator yang berada di kawasan Jl. Perjuangan No. 70, Majasem, Cirebon, Jawa Barat.

Setelah disepakati tema modifikasinya, Yuza lantas menelanjangi sekujur bodi BeAT. Seluruh bajunya dilucuti, hingga menyisakan bagian rangkanya saja. Namun, itu pun tidak berlangsung lama. Karena untuk mengejar tema yang diusung, semua frame itu juga alami proses mutilasi alias potong sana-sini.

Paling jelas terlihat, bagian rangka tengah di bawah hingga menyasar ke buritan. Terutama pada sektor dudukan mesin. Semua rangka otomatis dibuat ulang menggunakan pipa seamless sekitar 1 inci. Hanya menyisakan rangka depan saja yang masih bawaan aslinya BeAT, papar Yuza.

Unsur ketelitian diperlukan dalam merangkai bentuk tulang rangka hingga detailnya. Karena selain mengejar tampilan, juga berfungsi ganda sebagai pemegang mesin dan penopang dudukan jok pengendara.

Dalam mengusung tema roda tiga, Yuza juga memerlukan kejelian guna menerapkan konsepnya. Terlebih dalam pemasangan gir yang memanfaatkan teromol guna memutar poros roda belakang. Sebelumnya dilakukan proses bubut untuk membuat dudukan gir tersebut agar menempel kuat ke as roda belakangnya. Istilahnya disebut sistim gir transfer.

"Awalnya agak ribet ketika bikin breket gir-nya. Karena mesti nempel ke as roda biar ikut muter semuanya. Apalagi digabung dengan dudukan cakram, tutur modifikator identik bergenre custom ini.

Hasil akhirnya, lihat sendiri deh! Terlebih pada diri Sopian, yang mengaku sangat puas dan sesuai yang diharapkannya. Tetapi timbul lagi pertanyaan. Dengan Zoomer Trike ini, Sopian mau jalan kemana ya? He..he..he.. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Corsa 120/80-14
Ban belakang: Swallow 130/80-14
Sok belakang: YSS Z-Series
Jok: MB-Tech
AM: 0852-24387676




{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment