Honda C70, Retro Yang Fresh!

Posted by ragiel pendowo on Friday, July 13, 2012


Honda C70 milik Egi ini, tampil retro. Modifikasi murni garapan Aditiawan yang pemilik bengkel Newspeed Garage. Kesan klasik, kini seakan luntur lewat tampilan fresh dan modern karena mengandalkan kaki-kaki yang kekar. Makin fresh, karena dipadu cat kuning buat sasis dan putih pada bagian sayapnya.

Masalah kaki-kaki khususnya ban, pria yang akrab disapa Didit ini mengaplikasi ukuran 130/70-17 buat belakang. Sedang depan, dibuat lebih kecil. Yaitu, cukup 100/80-17 saja. Selain bikin besutan terlihat kekar, tujuannya agar handling juga mantap.

Kesan retro juga mencuat lewat pemakaian setang telanjang alias naked tanpa balutan headlamp yang menjadi kesatuan. Menggunakan setang milik Kawasaki Ninja 150R, pengendali laju ini sedikit dicustom, ucap pemilik workshop yang sejatinya bengkel mobil ini.

Setang dicustom buat keperluan indikator berkendara. Yaitu, sedikit dicoak untuk memasang panel lampu sen. Lewat cara ini, kabel-kabel bisa masuk ke dalam setang. Jadi, tidak terkesan berantakan.

Permainan custom, tidak cukup sebatas setang. Tapi, boks tutup aki pun ikut dibikin beda. Bermodal dempul, boks orisonal seakan terbuat dari besi. Itu karena ada garis-garis yang seolah membentuk sirip layaknya blok silinder.

Sebenarnya, bagian depan masih menggunakan sok standar milik C70. Tapi, agar tetap nyaman ketika dipakai berkendara, maka perbaikan ikut dilakukan. Bushing as roda bawanan C70 ini terbuat dari karet. Tapi, bakal kurang aman untuk berkendara. Soalnya kaki-kakinya kan sudah besar, ungkap Didit yang bengkelnya di Jl. H. Zainudin No. 27, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Bushing asli diganti pakai milik Yamaha Vega R. Selain kuat, kestabilan motor juga terjaga. Prosesnya, juga cukup memakan waktu. Sebab lengan ayun yang busingnya standar, dibor telebih dahulu. Lalu bushing milik Vega R dicocokkan agar bisa masuk kelubang lengan ayun milik C70 itu.

Cara pemasagan roda depan pun tidak kalah rumit. Agar ban depan yang lebarnya sudah 100/80-17 itu bisa masuk, jarak sok kanan dan kiri yang aslinya sempit, dilebarkan. Prosesnya membutuhkan bantuan pelat tebal yang diakali dari segitiganya. Pokoknya, proses pengerjaan C70 ini cukup memakan waktu kurang dari satu bulan kok, tutup Didit.(motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 100/80-17
Ban belakang : Corsa 130/70-17
Knalpot : Standar C70
Pelek belakang : Rossi 3,5x17
Newspeed Garage : 0812-8222-7087





{ 1 comments... read them below or add one }

billy said...

tanya nih brp anggaran yg dibutuhkan

Post a Comment