Kawasaki KXF250, Pabrikan Turun Tangan

Posted by ragiel pendowo on Wednesday, August 15, 2012


Di musim balap 2012, Kawasaki INK Denso ELF Caspian Orca Motor satu-satunya tim balap motocross yang disupport langsung pabrikan. Di bawah bendera Kawasaki Motor Indonesia, Kawasaki KXF 250 terbaru yang digeber pembalapnya Adi Aprian Nugraha sudah dipersiapkan sejak awal. Utamanya sistem software pada ECU yang sudah diprogram menyesuaikan sirkuit yang dipakai gelaran Kejurnas Motocross.

Memang belum seluruh sirkuit yang dimapping, saat ini baru ada sirkuit yang sudah dilengkapi dengan data lengkap. Seperti sirkuit Depok, Harvest di Cibubur dan sirkuit Ciamis yang bakal digelar seri ke 4 Kejurnas Motocross September nanti, ujar Teddy Gustiar sebagai Manajer Tim Kawasaki INK Denso ELF Caspian Orca Motor.

Proses seting motor ini dibantu langsung pihak KMI yang menyediakan software KXF250 dari Jepang. Untuk aplikasi dan proses instalnya dibantu oleh Novel Faisal yang juga sebagai supporting tim untuk balap Supersport di Asia dan Road Race tim pabrikan Kawasaki, lanjut Teddy.

Mirip seperti pada besutan road race yang memang mekanik sudah memiliki data ideal untuk seting motor sesuai permintaan pembalap. Pada balap motocross meskipun tidak sedetail road race, tetapi sangat membantu pembalap.

Power ngisi terus padahal saat pakai software standar mesin selalu minta di selip kopling saat keluar tikungan, ujar Adi Aprian Nugraha yang standing poin balap Kejurnas Motorcross musim ini berada di urutan 5 besar.

Selain itu pihak KMI juga membantu riset suspensi buat motor Adi yang kesulitan seting sokbreker lantaran bobot pembalap ini hanya 49 kg. Karena rata-rata pembalap motocross memiliki bobot di kisaran 65 sampai 70 kg.

Kalau bobot pembalap ideal mudah seting suspensi. Apalagi beberapa vendor suspensi macam Ohlins sudah menyediakan beberapa pilihan pegas yang bisa dipakai pembalap, urai Teddy.

Lantaran itulah KMI ikut membantu dengan meyediakan spring sok yang sudah diseting sesuai bobot Adi. Sok depan dan belakang masih pakai standar. Cuma springnya saja yang diganti racikan dari KMI, jelas Teddy yang menambahkan masing-masing sok disediakan dua pilihan, spring soft dan hard.

Nah, aplikasi seting suspensi ini baru akan dipakai pada gelaran Kejurnas Motorcross yang berlangsung di Ciamis pertengahan September nanti. Untuk latihan pakai spring baru ini motor enggak terlalu liar. Lebih mudah diajak bermanuver, tinggal nunggu saat race saja. Pembuktiannya nanti, harap Adi.
(motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban belakang: Bridgestone 100/80-18
Ban depan: Bridgestone 80/70-21
Knalpot: FMF
Decal: TryInk
Monoshock: Standar




{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment