Honda CBR 250R, Besarkan Bodi Doang

Posted by ragiel pendowo on Monday, August 20, 2012


Kesadaran masyarakat di dunia modifikasi soal keamanan berkendara sudah banyak dipahami. Walaupun modifikasi, tetap mempertimbangkan segi keamanan buat pengendaranya. Seperti yang dilakukan Budi Bijaksono pada CBR 250R. Pria yang tinggal di komplek Departemen Kesehatan, Jatibening, Bekasi ini ingin mengubah tampilan motor tanpa mengubah rangka standar.

Menurutnya, rangka standar perlu dipertahankan. Karena pabrikan sendiri sudah meriset dengan sangat baik soal rangka. "Makanya jangan mengubah rangka. Riskan," pesannya.

Pilihannya sekadar mengganti baju standar dengan milik CBR1000RR. Terbuat dari bahan fiberglass. Bodi CBR1000RR jelas lebih panjang dan lebar. Untuk mengaplikasinya, perlu sedikit memperpanjang rangka.

Tetapi Ujang dari Jail Custom Bodywork di Jl. Caman Raya No. 7, Jatibening, Bekasi, nggak mau kalah akal. Agar enggak banyak mengubah rangka, bodi CBR1000RR juga mesti mengalah dengan sedikit dipapas. "Tapi, enggak memaksa potong bodi aja, sasisnya juga sedikit disesuaikan, dimundurkan 3,5 cm. Caranya dengan menambahkan tulang dengan sistem baut," sela Ujang.

Untuk pegangan bodi custom juga disesuaikan dudukan dari motor aslinya. Tanpa menggunakan las. "Dudukan yang lainnya juga pakai sistem baut. Itu pun cukup dengan memanfaatkan lubang baut standarnya. Jadi, kalau pemiliknya sudah bosan dengan bodi custom, bodi standar bisa langsung dipasang lagi. Tidak susah," tambah Ujang.

Deltabox dibuat dengan menyesuaikan dudukan pada sasis CBR 250R yang pendek. Makanya agar bisa terpasang, deltabox model CBR1000RR dipotong sekitar 5 cm untuk menyesuaikan dengan panjang sasis CBR 250R. Tambahan lainnya, sepatbor standar dibuatkan rumah lampu. Agar lampu CBR1000RR bisa nemplok pas dan tepat.

Tak ketinggalan soal penerangan. Lampu depan memakai HID. Biar aki enggak tekor, tegangan di aki dibikin stabil. Untuk itu pakai kombinasi 9power yang bekerja sama dengan XCS.

"Perlu dua, 9power untuk membantu strom DC dan XCS untuk membantu aki agar enggak tekor," terangnya. Sedangkan lampu belakang cukup dengan membuatkan rumah lampu yang menyesuaikan sepatbor aslinya.

Bodi yang sudah membesar diguyur airbrush model grafis yang simpel dan enggak terlalu mencolok. "Sesuai dengan keinginan pemiliknya yang ingin menonjolkan bodi besarnya tanpa banyak pengaruh dari airbrush. Cukup dengan warna merah mencolok," tutup Ujang. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban belakang : Battlax 160/60-17
Ban depan : Battlax 120/60-17
Underbone : NUI
Kondom tangki : Custom
Jail Bodywork : 0856-9308-7074




{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment