Yamaha Jupiter Z, Captain America From Muntilan

Posted by ragiel pendowo on Wednesday, July 18, 2012


Siapa sangka kalau Captain America singgah di Muntilan, Jawa Tengah. Pasti enggak ada yang kira toh! Lah ini buktinya. Pacuan superhero asal USA itu terlihat penampakannya di salah satu garasi rumah di daerah Ngadiretno, Taman Agung, Muntilan.

Walah mas, kalau ini sih motor saya sendiri. Ini Yamaha Jupiter-Z keluaran 2006 yang dimodif dan cat didesain Captain America, sebut Agung Ismanto. Owhhh, salah dong. Kirain si captain demen naik motor modif. He..he..he...

Ternyata, Agung salah satu penyuka superhero bertopeng yang kemana-mana selalu bawa tameng itu. Alasannya, selain tokoh idola sejak kecil juga karena motif atau corak kostum yang diaplikasi tergolong cerah. Buat dijadikan konsep modif, lebih menarik.

Makanya, pilihan warna yang dihadirkan di Jupiter ini pun tak lepas dari biru, putih dan merah yang jadi ciri superhero keluaran Marvel Comic itu. Termasuk, simbol bintang yang biasa nemplok di tameng dan kostum si pahlawan.

Tapi, buat di pacuan ini, Agung menaruh simbol itu di bagian cover tengah. Dominannya sih di tengah, karena punya bidang yang lebih luas dari yang lain. Selain bintang, ada juga huruf A yang diposisikan di cover spidometer dan cover headlamp. Biar detailnya mirip. Kan kalau captain, diletakan di topeng, kata modifikator TTM Endoek Ceplok Modification itu.

Lewat permainan motif dan desain masih belum cukup kesankan kalau ini pacuan superhero. Tak hanya kuat, tapi gesit. Itu yang jadi kekuatan super si Captain. Maka itu, Agung membuat si Jupiter berkesan lebih sporty.

"Konsep yang ingin saya tonjolkan GP style, ungkap modifikator sekaligus ayah satu putra ini. Demi kejar kesan sporty, Agung mengambil bodi depan milik Yamaha X1R. Tapi, tidak serta-merta langsung dipasang.

Bodi Jupiter asal Thailand itu dimodif juga agar lebih indah dilihat. Misalnya, di sisi kiri-kanan bodi tengah. Tepatnya, di bawah headlamp. Bagian ini saya tambahkan lagi bodi kit. Biar makin sporty dan atletis kayak perut si captain yang six pack, jelas Agung diiringi tawa kecil.

Selain bodi tengah, pria ramah ini juga mengaplikasi setang dari motor yang sama. Yap! Setang X1R yang menganut model segitiga atas dilengkapi setang jepit, kasih kesan pacuan sporty.

Oh ya! Tatapan mata tajam si captain juga coba diterjemahkan Agung lewat pemakaian lampu model LED dan projector di headlamp. Pastinya, lewat dobel projector bakal lebih melotot tuh!

Berbeda dengan cover depan, buat bagian belakang, Agung ingin lebih berkreasi. Itu dibuktikannya lewat bodi custom yang desainnya dikembangkan sendiri. Acuannya sih ke pacuan Moto2.

Sebab kalau diambil dari konsep MotoGP, bodi belakangnya lebih kecil. Punya Moto2, lebih besar-besar. Sayang kalau dipaksakan pakai MotoGP. Apalagi model single seater, timpalnya.

Bodi belakang ini dibuat dari fiberglass. Tapi, dalam proses pembuatannya, Agung bikin bodi menjadi two piece alias dua bodi untuk dijadikan satu. Tujuannya, demi mempermudah pemasangan. Juga, agar detail lebih terlihat. Enggak monoton. Wah, macam otot si captain yang kekar dan menonjol aja tuh!(motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Black Stone 90/80-17
Footstep: R-Pro
Disk depan: AHRS
Disk belakang: Mega Tech
Pelek: Enkei 2,5 x 17
TTM EC: 0856-2948021




{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment