Yamaha All New Jupiter Z1, Wujud Bebek Modern

Posted by ragiel pendowo on Monday, July 16, 2012


Satu lagi konsep modifikasi Yamaha All New Jupiter Z1 yang disodorkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Kalau sebelumnya kental nuansa racingnya, yang ini lebih dekat pada konsep masa depan.

"Konsepnya bebek modern," beber Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community PT YIMM sambil menjelaskan kalau modifikasinya ini masih dikerjakan oleh jawara Yamaha Cuzztomatic 2011, 909 Hot Matic dari Bandung.

"Order dari Yamaha selalu unik. Untuk model baru Jupiter Z1, gue belum dikasih lihat motornya tapi sudah disuruh ajukan konsep modifikasi. Jadinya hanya bisa berimajinasi, tapi untungnya bisa cocok," beber Yayank sang modifikator yang hanya diberi waktu satu minggu saja.

Untuk mendapatkan kesan modern, kelir motor sengaja dipilih silver. "Selain itu semua detailnya diusahakan berwarna silver juga. Beberapa variasi juga sengaja dipilih yang terbuat dari proses CNC," jelas modifikator yang bengkelnya ada di Jl. Cihampelas No.187, Bandung ini.

Misalnya pelek dipilih monoblock keluaran EVO, lalu swing arm sengaja dicari alumunium berstabilizer. Tuas rem, tuas transmisi, tutup oli dan cover kaliper juga diganti bermaterial alumunium berwarna silver.

Agar makin dramatis kesan modern-nya, lampu-lampu sengaja dicat biru dan diganti dengan LED yang hemat energi. "Motor masa depan pastinya lebih hemat energi dan hemat bahan bakar. Makanya ban sengaja tidak dibuat besar, tapi tetap ukuran standar biar enggak boros bensin," ujar pria yang selalu berpenampilan stylist ini.

Tantangan Modif
Salah satu tantangan mengerjakan modifikasi motor-motor gress dari pabrikan adalah soal pemilihan variasi yang akan dipasang. "Karena motor baru, aksesorinya belum banyak. Meski bolt on harus tetap custom lagi. Atau malah bikin sendiri," jelas Yayank.

Misalnya knalpot, meski bolt on pakai keluaran Leo Vince, tapi soal aplikasinya tidak bisa langsung pasang. "Harus mengawinkan dengan leher knalpot bawaan motor, soalnya belum ada knalpot khusus Jupiter Z1," kekeh pria ramah ini. (motorplus-online.com)

909 Hot Matic : 022-9119 2090




{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment